Kuburan Ini Punya Fasilitas Pemutar MP3 Tenaga Surya, Bagaimana Hukum Islamnya?

Kuburan Ini Punya Fasilitas Pemutar MP3 Tenaga Surya, Bagaimana Hukum Islamnya?

Berdoa atau mendoakan sesama tentu merupakan sebuah bentuk kebaikan. Entah itu doa untuk keluarga teman atau siapa pun yang masih hidup ataupun sudah meninggal. Berdoa atau mendoakan seseorang pasti selalu memiliki manfaat terutama bagi orang yang didoakan. Berbicara mengenai doa untuk orang yang sudah meninggal pasti bagi sebagian kalian sudah pernah melakukannya. Bahkan hal ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat terutama yang beragama Islam. Dalam kebanyakan tradisi, membaca Surah Yasin banyak dilakukan orang untuk mendoakan seseorang yang sudah meninggal. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama-sama ataupun sendirian, bisa dirumah ataupun di kuburan yang hendak didoakan. Namun, bagaimana jika doa tersebut dibaca atau diperdengarkan oleh sebuah MP3.

kuburan-dengan-pemutar-MP3

Baru-baru ini ada berita yang menghebohkan, dimana beredar foto kuburan yang dipasang fasilitas MP3 bertenaga surya yang memutar Surah Yasin. Foto yang diunggah oleh Iwan Hasbullah Ibnu Yahya ini lantas membuat heboh para netizen. Bagaimana tidak hal yang langka ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya. Sehingga tidak heran jika foto yang diunggah oleh Iwan pada tanggal 22 Juni 2016 tersebut langsung menarik perhatian netizen dan mendapat share serta banyak komentar. Tentu banyak yang bertanya-tanya dan tidak mengerti apa hukum memasang MP3 Surah Yasin di makam atau kuburan seperti kasus tersebut. apakah hal tersebut diperbolehkan dalam agama. Apakah Surah Yasin yang dibaca secara digital tersebut dapat memberi manfaat bagi orang yang meninggal di alam sana.

Menurut sepengetahuan saya, doa itu dipanjatkan langsung lewat bibir dan hati manusia. Bukan dengan lantunan ayat yang dibacakan secara digital seperti foto tersebut. Memang mendengarkan lantunan ayat Al Quran baik itu Surah Yasin atau Surah yang lainnya yang terdapat dalam Al Quran secara langsung ataupun lewat MP3 sama-sama memiliki manfaat. Namun, jika mendoakan seseorang yang telah meninggal dengan hanya mengandalkan MP3 itu suatu yang menurut saya sungguh memprihatinkan. Kenapa, karena hal yang dibutuhkan orang yang telah meninggal adalah doa yang dipanjatkan secara langsung dari mulut para keluarga, teman atau tetangga bukan hanya pasif mengandalkan MP3 yang entah siapa yang membacanya.

Dalam Islam pasti terdapat hukum yang jelas dalam memandang hal ini. Perlu kiranya meminta penjelasan dari seorang yang faham betul mengenai agama. Lalu bagaimana menurut Anda dalam menanggapi hal tersebut. Apakah hal demikian baik dan mampu memberi manfaat bagi yang didoakan. Mengingat doa yang terpanjatkan lewat Surah Yasin tersebut dari alat yang bersifat mati bukan dari suatu hal yang hidup atau memiliki nyawa seperti manusia. Semoga dari foto yang diunggah seorang netizen tersebut dapat menjadi pelajaran berharga bagi para pembaca semua dan dapat mengambil hikmahnya.

(Visited 143 times, 1 visits today)
CATEGORIES
Share This