Langkah Mudah Menggambar Mural di Dinding Kamar

Langkah Mudah Menggambar Mural di Dinding Kamar

Apakah putra atau putri Anda mengeluhkan suasana kamarnya membosankan? Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kamarnya yang terlalu polos tanpa sentuhan warna lain. Selain dengan menggantungkan beberapa ornamen dekorasi atau foto di dinding kamarnya, Anda dapat mencoba menggambar mural sederhana untuk menceriakan suasana. Tanpa perlu bantuan professional, Anda bahkan dapat mengajak putra atau putri Anda untuk melakukan kegiatan ini bersama sebab ternyata cukup mudah dan tidak terlalu mahal. Alat dan bahan yang akan Anda perlukan:

  1. Gambar yang akan dibuat mural
  2. Plastik mika transparan
  3. Spidol
  4. Lampu
  5. Kotak kardus sepatu
  6. Selotip
  7. Kapur warna
  8. Cat
  9. Kuas cat sedang
  10. Kuas cat kecil, untuk detail artistik
  11. Dinding (tentu saja!)

 

Langkah 1: Pilih Gambar

Pilih gambar yang akan Anda lukis muralnya. Gambar kartun, hewan, atau bunga akan cocok untuk putra putri Anda yang masih kecil. Gambar sejenis itu dapat Anda temukan pada majalah atau buku cerita bergambar. Biarkan putra putri Anda menentukan selera mereka sambil diberi arahan. Pilih gambar yang lucu namun tidak terlalu rumit, karena ini pengalaman pertama Anda bukan?

mural 1

Langkah 2: Jiplak Gambar

Jiplak gambar yang Anda pilih ke plastik mika transparan dengan spidol permanen. Goreskan garis sejelas mungkin agar tidak ambigu.

mural 2

Langkah 3: Proyeksi Gambar

Buat proyektor sederhana menggunakan kotak kardus, lampu dan selotip. Proyeksikan plastik mika transparan ke dinding yang akan dibuat mural. Jaga agar proyektor tetap stabil di tempat dan tidak bergoyang.

mural 3

Langkah 4: Jiplak Gambar Proyeksi

Jiplak gambar yang diproyeksikan ke dinding dengan kapur warna. Penggunaan kapur dimaksudkan agar goresan yang keliru dapat dihapus dengan mudah. Pilih warna kapur yang senada dengan cat dasar dinding agar goresannya terlihat jelas. Untuk kegiatan ini, putra putri Anda dapat ikut serta. Tetap dampingi mereka dan ajak untuk fokus mengikuti garis gambar yang diproyeksikan. Dengan begini, Anda telah membuat outline mural di dinding kamar.

mural 4

Langkah 5: Mulai Mengecat

Setelah dinding menangkap proyeksi gambar dengan kapur, mulailah mengenat dari pinggir. Gunakan cat kecil untuk mulai menggaris gambar sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Tangan Anda harus stabil dan dibutuhkan kesabaran agar tidak melewati garis kapur. Tentu kegiatan ini harus Anda lakukan sendiri demi hasil sempurna karena putra putri Anda mungkin akan terlalu bersemangat dan tidak berhati. Setelah garis pinggir tampak jelas, isi ruang gambar dengan cat dan beri detail untuk memperindah mural buatan Anda.

mural 5

Langkah 6: Penyelesaian

Setelah semua sentuhan akhir dan cat mengering, bersihkan dinding dengan mengusapkan kain bersih dari garis pinggir menjauh dari mural secara berhati-hati untuk menghapus kapur yang tertinggal dari penjiplakan sebelumnya.

mural 6

Sekarang, mundur beberapa langkah dan ajak putra putri Anda mengagumi kesenian hasil kerja bersama. Kegiatan ini cocok untuk mengisi hari libur. Selamat mencoba!

(Visited 71,567 times, 1 visits today)
CATEGORIES
TAGS
Share This